Minggu, 06 Februari 2011

Pengaruh Prestasi Belajar dan Rasa Percaya Diri

Berbicara tentang pendidikan tentu saja tidak terlepas dari pembicaraan tentang prestasi belajar siswa, baik itu prestasi akademik maupun prestasi ekstrakurikuler. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada Pengaruh Prestasi Belajar siswa terhadap tingkat kepercayaan dirinya.
Jawabannya ya, sikap percaya diri siswa banyak dipengaruhi oleh prestasinya. Begitu juga prestasi belajar siswa banyak dipengaruhi oleh rasa percaya diri siswa tersebut. Jadi kedua-duanya saling terkait dan saling mempengaruhi.
Pengaruh Prestasi Belajar Siswa
Mengapa pengaruh prestasi belajar signifikan pada peningkatan rasa percaya diri siswa ?
1.Prestasi belajar siswa yang tinggi membuat siswa tersebut akan menjadi rujukan kawan-kawannya yang tidak mengerti pelajaran tertentu.
Perasaan dibutuhkan oleh kawan-kawannya tentu saja membuat siswa tersebut merasa penting. Perasaan penting inilah salah satu wujud dari sikap percaya diri siswa yang tinggi. Di sinilah pengaruh prestasi belajar terlihat signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri.
2. Prestasi belajar siswa yang baik akan membuatnya terhindar dari ejekan kawan-kawannya.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ejekan adalah penghancur rasa percaya diri yang hebat. Dengan demikian pengaruh prestasi belajar akan terkait dengan tingginya rasa percaya diri siswa tersebut karena siswa tersebut memiliki berprestasi tinggi.
3. Penghargaan yang baik akan menimbulkan rasa percaya diri.
Siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik cenderung dihargai oleh kawan-kawannya. Oleh sebab itu pengaruh prestasi belajar siswa terhadap rasa percaya diri siswa memang secara empirik sudah banyak terbukti.
Prestasi Belajar dan Sikap
Meski pengaruh prestasi belajar siswa cukup signifikan terhadap rasa percaya diri, ternyata hal tersebut tidak serta merta terjadi begitu saja. Sebab dalam beberapa kasus justru sebaliknya, siswa yang prestasi belajarnya baik ternyata memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah.
Pengaruh prestasi belajar siswa terhadap rasa percaya diri siswa akan terlihat jika diiringi dengan dua sikap positif, yaitu sikap yang positif terhadap kawan-kawannya dan sikap yang positif terhadap dirinya sendiri.
1. Sikap yang positif terhadap kawan-kawannya akan meningkatkan pengaruh prestasi belajar siswa tersebut terhadap rasa percaya dirinya.
Pada beberapa kasus, siswa yang berprestasi tinggi yang memiliki kepercayaan diri yang rendah disebabkan karena siswa tersebut dengan berbagai sebab dijauhi oleh kawan-kawannya.
2. Sikap positif terhadap dirinya sendiri juga berkontribusi meningkatkan pengaruh prestasi belajar siswa tersebut terhadap rasa percaya dirinya.
Sikap yang positif terhadap dirinya sendiri merupakan gambaran konsep dirinya. Oleh sebab itu, prestasi belajar siswa yang tidak disertai dengan konsep diri yang baik tentu saja akan menurunkan sikap percaya dirinya.
Memang manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna. Namun yang paling penting adalah adanya keinginan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan, baik dari sisi prestasi belajar maupun dari aspek sikap.
Dengan adanya sikap tersebut, maka pengaruh prestasi belajar siswa terhadap rasa percaya dirinya akan terus meningkat.

sumber : www.anneahira.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan komentar anda disini!

Pengikut